Friday, January 4, 2019

Kenapa Bus Dan Truk Menggunakan Mesin Diesel? Tidak Mesin Bensin

sewa mobil batu malang

Kenapa Bus dan Truk menggunakan mesin diesel atau berbahan bakar solar? kenapa bus dan truk tidak menggunakan mesin bensin? ingin tahu alasannya kenapa? Mari kita bahas alasan kenapa kendaraan besar atau kendaraan berat cenderung menggunakan mesin diesel atau solar.

Seperti yang kita tahu selama ini kendaraan besar dan bobot angkutan yang sangat berat jarang sekali menggunakan mesin bensin. Kendaraan besar seperti bus, truk, kereta, alat berat bahkan kapal laut menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaganya.

Lalu kenapa jarang ada kendaraan besar yang menggunakan mesin bensin dan apakah hal ini tidak bisa?
Dan jawabannya, bisa saja menggunakan mesin bensin tetapi sangat tidak efisien karena beberapa alasan berikut ini.

Kenapa Bus dan Truk Menggunakan Mesin Diesel?

bus dan truk menggunakan mesin diesel

Alasan mengapa bus dan truk memakai mesin diesel sebagai penggerak kendaraannya? ya, memang mesin diesel memiliki karakteristik berbeda dengan mesin bensin. Berikut ini alasan mengapa truk dan bus menggunakan mesin diesel. 

Alasannya :
1. Torsi Mesin Lebih Besar
2. Lebih Irit Bahan Bakar
3. Lebih Minim Masalah


Berikut Penjelasannya :

1. Torsi Mesin Lebih Besar

Kendaraan besar seperti bus dan truk pastinya memiliki bobot kendaraan yang sangat berat. Belum lagi muatan yang dibawa memiliki jumlah yang sangat banyak. Maka dibutuhkan mesin yang sangat bertenaga untuk menggerakkan sebesar dan seberat ini.

Didalam mesin terdapat istilah Torsi dan Horse Power atau daya kuda. Torsi adalah tenaga untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam sampai berjalan. Dan saat kendaraan sudah berjalan, mesin baru menghasilkan Horse Power untuk berakselerasi hingga melaju dengan kencang.

Perlu diketahui mesin bensin memiliki karakteristik memiliki Horse Power yang besar namun Torsi yang hasilkannya lebih kecil. Mesin bensin harus berada pada putaran yang tinggi untuk menghasilkan Torsi yang besar baru dapat menggerakkan kendaraan yang berat. Dari sinilah yang membedakan dengan mesin Diesel.

2. Lebih Irit Bahan Bakar

Berbeda dengan mesin Diesel yang memiliki Torsi yang lebih besar meski Horse Power yang lebih kecil. Hanya dengan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi mesin diesel sudah memiliki Torsi yang besar dan dapat menggerakkan Bus atau Truk dijalanan yang menanjak sekalipun.

Karna mesin diesel yang berputar tidak terlalu tinggi membuat konsumsi bahan bakar akan lebih irit jika dibandingkan dengan mesin bensin.

3. Lebih Minim Masalah

Alasan lain mesin diesel dapat beroprasi lebih lama dan lebih minim masalah bila dibandingkan dengan mesin bensin. Karena mesin tidak menggunakan pengapian layaknya busi pada mesin bensin sehingga meminimalisir kegagalan pembakaran saat mesin bekerja. Selama injektor penyemprot solar keruang bakar lancar, pasokan udara ke ruang bakar lancar dan temperatur normal, mesin diesel akan kuat bekerja terus menerus 

Beberapa hal ini penting mengingat Kendaraan Bus dan Truk banyak digunakan untuk perjalanan jauh baik antar kota maupun antar provinsi.

Material mesin diesel juga sangat kuat yang mayoritas menggunakan bahan baja, hal ini karena mesin diesel harus menahan kompresi yang sangat tinggi dan suhu yang lebih panas. Dan sekarang sudah banyak mesin diesel yang menggunakan tambahan turbo untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar ke ruang bakar yang pastinya akan meningkatkan perfoma kendaraan.

Jadi alasan diataslah kenapa mesin bensin sangat kurang cocok bila digunakan untuk kendaraan besar seperti Bus dan Truk. 

Kenapa Bus Dan Truk Menggunakan Mesin Diesel? Tidak Mesin Bensin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar