Saturday, January 5, 2019

Perbedaan Mesin Diesel Dengan Mesin Bensin

sewa mobil batu malang

Bagi yang sudah jeli, mengetahui perbedaan antara Mesin Diesel dengan Mesin Bensin bisa hanya mendengar dari suaranya mesin kendaraanya saja. Kebanyakan mesin diesel lama memiliki suara lebih kasar, terbukti dari beberapa produk dari isuzu yaitu panther memang mesin akan terdengar lebih kasar bila dibandingkan dengan mesin bensin yang lebih halus.

Akan tetapi tak hanya faktor suara saja yang membedakannya, dari sistem kerja mesin itu sendiri memang terdapat beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut beberapa perbedaan dari mesin diesel dengan mesin bensin.

Perbedaan Mesin Diesel Dengan Mesin Bensin

perbedaan mesin diesel dan mesin bensin

1. Jenis Bahan Bakar
Seperti yang kita tahu, mesin bensin memerlukan bensin untuk bahan bakarnya sedangkan mesin diesel memerlukan solar sebagai bahan bakarnya. Bahan bakar alternatif lain yang disediakan untuk mesin bensin bisa menggunakan pertalite dan juga pertamax, sedangkan untuk mesin diesel bisa menggunakan dexlite dan bio solar sebagai alternatifnya.

2. Kompresi Mesin

Bila dibandingkan dengan mesin bensin, kerja mesin diesel lebih berat karena kompresi mesin diesel jauh lebih tinggi. Di dalam dunia otomotif terdapat istilah PSI yaitu. Untuk tekanan kompresi mesin bensin berkisar antara 100 hingga 140 PSI meski pada mesin 2 tak tekanan kompresi akan lebih rendah bila dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Untuk tekanan kompresi mesin diesel berkisar antara 275 PSI hingga 495 PSI, meski untuk diesel model baru menggunakan teknologi common rail atau biasa disebut sistem rel bersama yang mengkompresi bahan bakar sampai bertekanan 2.500 bar sebelum bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar.

3. Sistem Bahan Bakar

Mesin Bensin
Pada mesin bensin, bahan bakar dan udara dihisap oleh piston lalu masuk kedalam ruang bakar yang selanjutnya akan dikompresi oleh piston pada ruang bakar yang selanjutnya akan dibakar oleh busi sebagai pemicu pembakaran. Meski pada mesin bensin sekarang menggunakan sistem injeksi bahan bakar tetapi masih menggunakan busi sebagai pemicu pembakaran pada ruang bakar.

Mesin Diesel
Berbeda dengan mesin diesel, piston akan menghisap udara yang selanjutnya akan dikompresi oleh piston pada ruang bakar dan sistem injeksi bahan bakar akan menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar yang menyebabkan bahan bakar terbakar karena suhu panas pada ruang bakar karena tingginya kompresi mesin pada ruang bakar tanpa adanya pemicu pembakaran yaitu busi layaknya pada mesin bensin.

4. Torsi dan Horse Power

Dalam dunia otomotif terdapat istilah Torsi dan Horse Power atau Daya Kuda, lalu apa fungsi torsi dan horse power mesin besin dan diesel?

Torsi adalah tenaga untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam sampai berjalan. Dan saat kendaraan sudah berjalan, mesin baru menghasilkan Horse Power atau Daya Kuda untuk berakselerasi hingga melaju dengan kencang.

Karakteristik Mesin Diesel
Mesin Diesel memiliki karakteristik memiliki Horse Power lebih kecil dari Mesin Bensin, akan tetapi memiliki Torsi mesin yang jauh lebih tinggi dari mesin bensin.

Dengan torsi yang lebih besar, mesin diesel cenderung banyak dipakai pada kendaraan besar dan berat seperti truk, bus, kapal laut, kereta api. Mesin diesel

Karakteristik Mesin Bensin
Sedangkan untuk mesin bensin meski memiliki torsi yang lebih kecil, tetapi untuk horse power memang lebih tinggi dari mesin diesel.

5. Konsumsi Bahan Bakar

Pada mesin bensin harus berputar pada putaran tinggi untuk mendapatkan Torsi dan Horse Power yang lebih tinggi. Berbeda dengan mesin diesel yang berputar tidak terlalu tinggi untuk mendapatkan Torsi maksimal. Hal ini mempengaruhi konsumsi dari bahan bakar, karena semakin tinggi putaran mesin akan semakin boros bahan bakar dan semakin rendah putaran mesin akan semakin irit bahan bakarnya.

Jadi jadi lebih tahu bukan, apa yang menjadikan mesin diesel lebih irit bahan bakar.

Perbedaan Mesin Diesel Dengan Mesin Bensin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar