Wednesday, July 17, 2019

Jakarta Tenggelam 30 Tahun Lagi?

sewa mobil batu malang

Statement tentang Kota Jakarta Tenggelam 30 Tahun Lagi memang menjadi salah satu momok bagi warga jakarta khususnya yang berada tak jauh dari tepian pantai yang pastinya akan lebih dulu jika terjadi fenomena ini. Banyak berita berdasarkan penelitian yang memang mengacu akan fenomena ini, Jakarta Tenggelam 30 Tahun Lagi?

jakarta tenggelam
image : https://www.msn.com/

Jakarta Tenggelam 30 Tahun Lagi?

Alasan mengapa jakarta bakal diprediksi akan mengalami hal ini yaitu tenggelam? kenapa bisa terjadi tentang berita ini?

Dari data yang dihimpun pada 2018 saja, sudah ada beberapa tempat di jakarta yang tanahnya mengalami penurunan dari 1970 hingga 2018 sudah turun 4 meter. Angka penurunan tersebut sebanding dengan tinggi ondel - ondel yang bertumpuk alias sebanding dengan tinggi 2 ondel - ondel.

Bagaimana fenomena ini bisa terjadi? apakah jakarta akan benar - benar tenggelam dalam kurun waktu 30 tahun lagi?

Hal ini adalah suatu prediksi jika pola tersebut tetap dan tidak terjadi perubahan, artinya hal ini terjadi jika kita dan pemerintah tidak melakukan apa - apa. lalu apakah yang menyebabkan tinggi tanah tersebut bisa turun hingga 4 meter dalamnya?

Pengambilan Air Tanah
Kok bisa terjadi hal ini hanya karena pengambilan air tanah? jika karena hal ini saja, kenapa tidak terjadi pada kota lain selain jakarta?

Sebenarnya pengambilan air dalam tanah baik berupa sumur, sumur bor, artesis yang tak terlalu berlebihan memang tak berpengaruh pada ketinggian permukaan tanah. Akan tetapi jika pengambilan air tanah ini dilakukan dengan berlebihan atau besar - besaran memang akan menyebabkan pengaruh terhadap tanah diatasnya.

Memang ada beberapa lapisan tanah sebelum kita mendapatkan yang namanya air tanah tersebut, akan tetapi beberapa lapisan tanah diatas ini semua memang secara tidak langsung bertumpu pada volume pada sumber air tanah tersebut. Jadi jika volume persediaan air tanah tersebut menurun drastis dalam tempo singkat atau lama, hal ini akan berpengaruh pada lapisan diatasnya dan lapisan tersebut akan mengalami penurunan sebagai bentuk dari pengisian rongga dalam lapisan tersebut.

60% Warga Jakarta Menggunakan Air Tanah
Dari data yang dihimpun dari keseluruhan warga jakarta memang masih menggunakan air tanah hingga 60% bahkan bisa lebih. Berbagai kebutuhan akan air digunakan warga jakarta dan salah satunya juga untuk kebutuhan air minum. Memang semua mahluk hidup memang tak bisa lepas dari kebutuhan yang namanya air ini.

Lalu apakah kita bisa menghindari dari penggunaan air tanah ini?
Bisakah kita mencari alternatif dari sumber lain?

Mungkin jika Anda ini adalah salah satu dari bagian masyarakat kota jakarta, jika tak ingin kota jakarta tenggelam dalam 30 tahun lagi. Apakah bisa Anda dan masyakarat yang lain berhenti menggunakan air tanah? lalu apakah ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk menggantikan semua kebutuhan air tanah dengan alternatif lain misalnya air hujan?

Upaya Pemerintah
Sebenarnya sudah banyak upaya dari pemerintah untuk menanggulangi akan hal ini, akan tetapi penanggunalan akan prediksi jakarta akan tenggelam juga tidak mudah dan juga masyakarakat juga harus ikut berperan.

Jakarta Tenggelam 30 Tahun Lagi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar