Friday, April 7, 2017

Mencoba Beternak Belut Sawah Yang Gurih dan Lezat

sewa mobil batu malang

Beternak Belut Sawah - Awal cerita ketika saya jalan jalan ke rumah teman, lama tak ketemu karena sang teman memang hidup lama di pulau bali yang notabenenya dapat istri anak bali juga. 


Saya anak malang yang memang ingin sekali mempunyai usaha selingan untuk menutupi usaha yang sudah saya geluti sampai sekarang ini. Karena memang jenis usaha yang sudah saya jalani ini termasuk usaha musiman. 
   
Untuk itu, saya mencoba peruntungan usaha di lain demi bisa menutupi kebutuhan dan tambahan uang jajan.

Cerita ngalor ngidul memang sangat seru dan pada saat asik asiknya cerita, ada tetangga dari teman saya yang berkungjung kesana. Cerita jadi semakin seru, karena si tetangga ini menurut saya anaknya asik diajak ngobrol.

Sambil menikmati kopi hitam, sang tetangga menceritakan tentang usahanya yang dahulu pernah digelutinya sekarang sudah gulung tikar. Usaha tersebut adalah beternak belut.

Beternak Belut Sawah

belut sawah

Mendengar kata belut, perasaan dan pikiran saya langsung tertarik...wah wah..kayak cewek aja. Sontak saya langsung banyak bertanya tentang cara pemeliharaan sampai pada pemasarannya. Dia mendapatkan ilmu dari pelatihan yang pernah ia geluti. 

Selang beberapa jam, sang tetangga pulang dan pikiran saya masih terngiang ngiang tentang Budidaya Belut Sawah. Ternyata teman saya juga tertarik dan tertantang untuk mencobanya. 

Berbekal cerita selama beberapa jam dengan sang tetangga, akhirnya saya dan teman memutuskan untuk mencari bibit dengan memancing di sawah dekat kawasan tersebut. 

Aku putuskan untuk menginap di rumah teman karena sang teman kebetulan pulang ke kota malang tidak bersama istri dan anaknya.

Memancing Belut Sawah

Malam itu juga kami ngobrol - ngobrol sampai akhirnya saya ketiduran di sofa ruang tamu. Kemudian pagi saya di bangungkan oleh teman untuk pergi memancing di areal persawahan. 

Kawasan yang tidak jauh dan umpan cacing pun sudah dicari pada pagi itu juga. Berangkat ke persawahan berharap mendapatkan indukan belut untuk bisa segera kami pelihara.

Karena menurut cerita dari sang tetangga itu, bila bibit belut didapatkan dari menyetrum. Bibit belut tersebut akan susah untuk dikembang biakkan, dengan alasan organ tubuh pada belut akan mengalami kerusakan atau gangguan yang bisa menyebabkan belut mengalami stress berat dan masa pemulihan akan memakan waktu yang cukup lama.

Sampai pada siang hari saya mendapatkan 2 ekor dan sang teman 1 ekor. Berfikir seperti mendapat ridho Allah SWT, semangat untuk mencoba memelihara semakin menggebu gebu. 

Persiapan Pemeliharaan

Esok harinya saya kerumah teman lagi karena kemarin saya masih mempersiapkan tempat pemeliharaan sementara berupa aquarium. 

Kubawa 3 belut tersebut dan kupelihara pada aquarium yang kuberi filter air untuk menjaga kebersihan air. 

Makanan Belut
Selang 1 hari, saya berikan cacing tanah yang aku beli pada kios pakan burung seharga 3 ribu rupiah 2 plastik kecil. 

Setiap 1 hari sekali saya berikan cacing tanah dan sudah saya pelihara sekitar 2 mingguan. Dan sampai sekarangpun masih dalam tahap pemeliharaan sambil menunggu tong serta pembuatan media lumpur untuk pembibitan. 

Salam, 

Mencoba Beternak Belut Sawah Yang Gurih dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar