Monday, May 29, 2017

Usaha Sampingan Beternak Ayam Di Halaman Belakang Rumah

sewa mobil batu malang

Usaha Sampingan Beternak Ayam. Usaha beternak ayam kampung dan bangkok di belakang pekarangan rumah, yang bisa menjadi tambahan uang belanja. Dengan sedikit lahan pekarangan belakang rumah, bisa dapat hasil tambahan uang jajan.

Memelihara ayam bisa menjadi usaha sampingan dan dapat menyalurkan hobi bagi penyuka hewan ayam. Bila mempunyai sedikit lahan bisa dijadikan kandang kecil untuk ayam peliharaan kita.

Seringkali dalam rumah tangga banyak makanan seperti sisa nasi, sayuran kita buang sia-sia di tong sampah. Bila kita memelihara ayam, sisa makanan yang dulunya sering kita buang dapat kita berikan ke ayam peliharaan kita. Akan tetapi tak bisa mengandalkan makanan dari sisa makanan, harus menyiapkan makanan seperti bekatul sebagai makanan utama ayam peliharaan kita. 

Usaha Sampingan Beternak Ayam

Mulai sejak smp, saya memang mulai dikenalkan orang tua saya tentang merawat ayam jawa. Pada waktu itu, memang merasa terpaksa untuk merawat puluhan ayam pada belakang pekarangan rumah. 

Tetapi kesibukan itu memang saya lakukan setiap hari waktu sebelum berangkat sekolah dan di jam 4 sore hari. Karena memang waktu tersebut adalah waktu rutin pemberian pakan. 

beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung terbilang mudah, cukup dengan pemberian pakan dan pembersihan kandang yang sering dilakukan. Dalam 1 minggu sekali saya lakukan pembersihan kandang. Untuk pemberian vitamin seperti vitachick saya berikan pada malam hari untuk ayam yang masih dilampu dan pagi hari pada ayam indukan.

Air minum yang diberi vitachick dalam 1 hari harus diganti untuk tetap menjaga air minum ayam.

Berjualan Telur Ayam Untuk Jamu

Kejenuhan hilang dikala ayam sudah mulai bertelur, usahakan untuk tidak selalu mencampur ayam jantan ke populasi ayam betina. Sistem rolling atau bergantian bila ingin melepaskan ayam jantan.

Karena dengan begitu, ayam betina akan lebih sering bertelur dan kondisi ayam jantan akan tetap prima.

Tak sukar untuk penjualan telur ayam kampung, banyak tetangga sudah rutin membeli pada saya. Meski masih sekolah, tak jarang bila pada waktu bermain diluar rumah. Sering sekali ditanya tentang telur ayam kampungku, apa sudah ada atau belum.

Tips beternak kecil kecilan.
  • usahakan menyisihkan waktu rutin mengecek kondisi ayam, meski tidak setiap hari.
  • usahakan memberikan pakan tambahan, seperti sisa makanan, kubis, sayuran dan mencampur air hangat untuk campuran makanan. Untuk menambah ketahanan tubuh ayam pada musim dingin.
  • usahakan tetap memberikan tambahan vitamin pada semua ayam
  • tanam beberapa tanaman seperti kunir, kencur, temuireng untuk tambahan obat alami. Karena daun tanaman tersebut akan sering dimakan ayam. Berikan pagar sedikit pada tanaman untuk space pertumbuhan. 
  • Jangan terlalu berambisi laba besar, karena banyak usaha yang menjadi besar. Karena diawali dari kecil dahulu. Karena pengalaman akan menumbuhkan keberanian, keyakinan, perhitungan yang lebih matang. 

Usaha Sampingan Beternak Ayam Di Halaman Belakang Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar