Thursday, August 24, 2017

9 Jenis Usaha Di Desa Lancar Dan Bagus

sewa mobil batu malang

Beberapa jenis Usaha Yang Cocok Di Pedesaan yang bisa menjadi pilihan Anda. Jadi tak harus pindah kekota bila ingin memulai usaha, karena dikota juga memiliki lebih banyak pesaing dalam membuka usaha.

Tenang saja dan tak usah bingung apalagi galau...hehe, cukup tetap di kampung halaman atau di desa Anda sendiri tetap ada peluang usaha di desa bagi yang selalu berusaha dan berdoa. Berikut ini beberapa usaha yang cocok di daerah pedesaan.

Usaha Yang Cocok Di Pedesaan

1. Pertanian

usaha di pedesaan
Memiliki tanah yang luas memang masih banyak bila dibandingkan diperkotaan. Karena memang dikota harga tanah yang lebih tinggi daripada dipedesaan. Hasil pertanian akan selalu terus dibutuhkan oleh semua masyarakat baik dikota maupun di desa, sebagai kebutuhan primer. Maka dari itu, Usaha ini akan terus memiliki prospek bisnis yang baik dari tahun ke tahun. Padi, sayuran, jagung dan masih banyak lagi.


2. Peternakan

beternak sapi di desa
image : https://www.cnnindonesia.com
Baik usaha peternakan sapi, kambing, ayam, puyuh memang lebih cocok berada dikawasan pedesaan. Tempat yang terkadang lebih luas, masih banyak pepohonan yang bisa mengurangi bau dari kotoran hewan ternak, jarak antar rumah yang lebih jauh, pencarian makanan yang lebih mudah seperti : rumput dan daun daunan. Kebutuhan akan daging sapi, kambing, ayam yang semakin hari terus meningkat. Terbukti import akan daging sapi sampai sekarang masih terus berlangsung. 

3. Perikanan

usaha beternak ikan
Hasil dari perikanan juga sama seperti peternakan maupun pertanian, kebutuhan akan pemenuhan gizi bagi tubuh menjadi hal utama dalam kebutuhan manusia. Lauk pauk seperti ikan lele, mujair, bandeng, gurami, bawal, mas dan masih banyak lagi. Sekarang prospek usaha budidaya ikan sidat juga lebih digalakkan, seiring harga ikannya yang tinggi. 1 Kilogram bisa mencapai 200 - 250 ribu rupiah dengan pasar sampai ke mencanegara. 

4. Material Bahan Bangunan

usaha toko material
image : https://bisnisukm.com
Usaha toko bangunan atau penjualan bahan bangunan bisa menjadi salah satu pilihan usaha Anda. Memang membutuhkan biaya lebih. Dengan tempat bahkan pickup atau truk sebagai kendaraan untuk pengiriman pesanan ke konsumen. Tetapi usaha ini memiliki perputaran uang yang cukup banyak, melihat harga material yang terus tetap dibutuhkan dalam merawat rumah, renovasi rumah atau dalam pembangunan rumah baru.


5. Mebel dan Furniture

usaha mebel furniture
image : http://mebeljepara1.blogspot.com
Usaha ini memang tidak setiap hari orang membutuhkan, tetapi dalam sekali pembelian cukup lumayan besar. Bahan kayu masih lebih mudah dicari dikawasan pedesaan bila dibandingkan dengan di perkotaan.

Kita memang harus mencari pasar pada perkotaan juga, untuk lebih menjaring customer yang lebih banyak. Karena dalam setiap rumah, pasti ada furniter didalamnya. Kita bisa membuatnya sendiri untuk bisa menyesuaikan pesanan setiap customer meski kita juga harus menyiapkan contoh jadi di lapak usaha kita. 

6. Bengkel Service Kendaraan

bengkel motor
image : https://statik.tempo.co
Tak perlu tempat yang besar, kita bisa membuka usaha service sepeda motor dan menjual spare part kendaraan. Ganti oli, ganti ban, tuneup motor, modifikasi adalah hal yang paling sering dibutuhkan banyak orang.

Sekarang ini dalam setiap rumah sudah ada minimal 1 sepeda motor, bahkan bisa lebih dari 1 motor. Semua itu membutuhkan perawatan dan kita bisa menjaring keuntungan lain dari penjualan onderdilnya juga. Dari jual oli, kampas rem, lampu, ban dll. Untuk awal usahakan Anda sendiri yang mengerjakan sampai benar benar ramai dan membutuhkan karyawan untuk membantu pekerjaan Anda.

7. Pengepul atau Tengkulak

pengepul beras
image : nusakini.com
Di pedesaan banyak produk yang kita bisa beli dan tampung serta kita jual lagi ketempat lain atau bahkan kota lain. Dipedesaan kita bisa menjadi tengkulak dari hasil pertanian, perikanan dan lainnya.

Untuk bisa menjalankan usaha ini, kita memang harus mengerti sekali tentang harga dari petani/produsen dan harga pasar. Dari situ kita bisa mendapatkan profit dari selisih harga tersebut meski kita harus bisa mendistribusikannya lagi.

8. Menjual Makanan / Jajanan

singkong goreng
image : https://lampungpro.com
Dalam mengolah aneka hasil pertanian menjadi camilan atau makanan, misalnya singkong goreng, pisang goreng, keripik talas bisa menjadi usaha special bagi yang penyuka masak.

Masyarakat indonesia yang suka nongkrong, biasanya akan lebih betah dan suka bila terdapat gorengan dan kopi. Usahakan membuat tempat yang nyaman dan juga menyediakan aneka minuman seperti kopi, teh, jahe untuk dapat menarik pembeli dan betah berada disana.

9. Produk Kerajinan

kerajinan kayu
image : https://www.jatimtimes.com
Bagi yang suka membuat produk kerajinan, ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan. Bahan usahakan dari hasil dikawasan tempat Anda untuk memudahkan pencarian.

Produk kerajinan dari kayu bisa dipasarkan melalui media sosial yang mempunyai pengaruh baik bagi usaha ini. Foto dan upload ke media sosial hasil dari produk kerajinan Anda untuk dapat dilihat oleh orang banyak. Tak perlu tempat baru, Anda bisa memulainya di rumah Anda sendiri tanpa harus mempunyai tempat usaha atau menyewa tempat untuk memajang produk Anda. Cukup hanya memajang pada account facebook, instagram atau media sosial lainnya untuk dapat memperkenalkan hasil produk kerajinan Anda.

9 Jenis Usaha Di Desa Lancar Dan Bagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar