Sunday, January 14, 2018

16 Peluang Bisnis Di Batu Malang

sewa mobil batu malang

Peluang Bisnis Di Batu MalangKota Batu dan Malang memang memiliki pesona sendiri sendiri. Sebutan Kota Wisata Batu memang cocok disandang oleh kota batu karena memang memiliki banyak sekali dayatarik pariwisatanya. Begitu juga Malang Kota Pendidikan adalah sebutan untuk Kota Malang salah satunya karena memiliki jumlah universitas terbanyak se Indonesia.

Tak ayal kedua kota yang saling berdekatan ini memang memiliki tingkat kunjungan yang sangat tinggi. Baik dari segi pariwisatanya juga pendidikannya. Maka dari itu, banyak pebisnis masuk dan ingin mencari peluang usaha yang pastinya bisa sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa Peluang Bisnis Di Kota Batu dan Malang

Peluang Bisnis Di Batu Malang

1. Bisnis Kost Kostan / Kontrakan

Bisnis ini memang memiliki prospek sangat bagus karena Kota Malang memiliki banyak pendatang tahunan yaitu mahasiswa. Ajaran baru mendatangkan puluhan ribu pendatang baru yang pastinya semua membutuhkan sarana tempat tinggal.

Meskipun ditiap tahunnya ribuan mahasiswa yang sudah lulus dan akan kembali pulang ke kota asalnya, tetapi masih tidak sebanding dengan jumlah pendatang baru yang masuk ke kota malang. Bagi pemilik kost atau kontrakan, siap siaplah didatangi rezeki dari hasil uang sewa kost kostan atau kontrakan rumah Anda. Bisnis rumah kost atau bisnis kontrakan rumah menjadi salah satu peluang bisnis yang banyak dijalankan dikawasan lingkungan areal kampus / universitas di kota malang.

2. Bisnis Hotel

Pariwisata yang mengalami perkembangan sangat pesat di kedua kota ini, membawa dampak sangat bagus untuk Bisnis Hotel. Baik di Kota Batu maupun di Malang pembangunan hotel baru terlihat ramai apalagi pada musim musim liburan.

Memang tidak selalu ramai setiap harinya, tetapi pendatang kelas menengah keatas lebih memilih hotel untuk tempat beristirahat sementara mereka. Promo penurunan harga pada hari biasa dipakai untuk strategi menarik pengunjung.

3. Pengembangan Kependidikan

Kota Malang yang menyandang julukan kota pendidikan memang menduduki salah satu pendidikan terbaik dan mencetak jutaan orang menjadi sukses atau berhasil dengan berbagai profesi dan gelar yang disandangnya.

Sebenarnya Kependidikan adalah membantu pengembangan sektor pendidikan. Banyak yayasan dalam sektor kependidikan mengembangkan sayapnya untuk membangun sekolah, universitas, untuk dapat membantu memberikan lapangan pekerjaan juga bagi banyak orang. Pembangunan sekolah baru, pembuatan gedung dan berbagai keperluan untuk pengembangan pendidikan.

4. Bisnis Kuliner

Banyaknya pendatang di kedua kota ini memberikan angin segar untuk Bisnis Kuliner. Dengan semakin banyaknya pendatang di kedua kota ini, kebutuhan akan makan pastinya akan semakin bertambah juga. Mulai dari penjual makanan gerobak, warung makan, restoran bermunculan dimana mana.

5. Penginapan

Melihat peluang pasar hotel yang bagus, investor juga melirik penginapan untuk dijadikan mesin pencari uang mereka. Tak semuanya memilih hotel untuk persinggahan mereka. Masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah akan lebih memilih penginapan untuk mengurangi biaya pengeluaran mereka.

Memang tak sedikit yang gulung tikar dalam menghadai persaingan bisnis dengan hotel, tetapi juga tak sedikit yang malah lebih besar dan ramai. Akan tetapi untuk tetap bisa bersaing dengan hotel, banyak penginapan yang memberikan pelayanan dan fasilitas lebih dengan tarif harga murah supaya tetap bisa bersaing dengan hotel.

6. Bisnis Kafe

Kafe menjadi tempat penting untuk melewatkan waktu dengan bersantai dan mengobrol bersama teman sejawat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja sampai boss akan lebih sering kita jumpai di dalam Kafe. Jadi kafe memang menjadi prospek bisnis bagus apalagi desain tempatnya yang menarik, unik, santai sesuai dengan selera masyarakat disana.

7. Bisnis Oleh Oleh

Kebiasaan membawakan buah tangan sehabis jalan jalan atau wisata ke kota batu dan malang menjadi prospek bagus di kawasan ini. Beberapa tempat baru sekarang menjadi lebih besar dan membuka beberapa cabang tempat oleh oleh. Sampai kalangan artis ikut andil dalam bisnis oleh oleh ini.

8. Bisnis Pakaian

Era sekarang ini kebutuhan akan gaya hidup seperti menjaga penampilan memang sudah menjadi keharusan dikalangan banyak masyarakat. Apalagi kawula muda yang membutuhkan penampilan lebih untuk bisa lebih Percaya Diri dalam pergaulan.

Dilingkungan pekerjaan, kampus kebutuhan akan pakaian akan terus meningkat. Di beberapa mini swalayan, distro mengalami kemajuan bisnisnya dalam penjualan pakaian. Tak ayal order pembuatan kaos, baju, celana juga melonjak di perusahaan pakaian dan industri kecil rumahan.

9. Bisnis Online

Memang lebih kecil pengeluarannya bila kita menjalankan bisnis melalui online. Akan tetapi menjalankan bisnis ini pastinya tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Persaingan yang ketat harus benar benar terus bertahan. Berbagai produk dipasarkan di Internet. Mulai dari makanan, minuman, properti, jasa transportasi dan masih banyak lagi.

Syarat utama bisnis ini harus mengerti benar tentang seluk beluk pemasaran melalui internet. Sosial media memang start awal usaha terjun di Bisnis Online. Masyarakat sekarang yang lebih konsumtif dalam membeli lebih suka memilih produk yang ditawarkan di internet dan membelinya sekaligus melalui jasa pengantaran barang atau kargo.

10. Usaha Loundry 

Tak harus mempunyai tempat usaha sendiri, banyak yang merintis usaha loundry pakaian ini dengan menyewa tempat usaha loundry milik orang lain. Yang terpenting adalah sebagai berikut :
  • Dekat dengan keramaian, misalnya berdiri di lingkungan kampus, rumah tinggal yang padat penduduknya. 
  • Pelayanan yang ramah dan baik menjadi magnet awal menggaet konsumen.
  • Selalu teliti dalam membersihkan pakaian dan jangan sampai pakaian tertukar dengan orang pakaian orang lain.
  • Kecepatan dalam jasa layanan, yaitu melayani cuci kering proses cepat untuk menggaet pelanggan. 
  • Usahakan selalu tepat waktu.
  • Konsisten dalam waktu buka dan tutup.

11. Bisnis Travel

Kondisi jalan yang samakin macet, melahirkan usaha bidang transportasi untuk melayani mobilitas pendatang. Tak ingin terlalu capek di perjalanan, para wisatawan cenderung memilih jasa travel untuk melayani mereka.

Beberapa jalur travel yang masih ramai sampai saat ini, meliputi Travel Juanda Batu, Travel Juanda Malang PP yang sampai sekarang memiliki mobilitas sangat tinggi.

12. Pencuaian Motor dan Mobil

Di Kota Batu dan Malang terlihat dari volume kendaraan di jalan-jalan yang terkadang macet menunjukkan jumlah kendaraan yang memang selalu padat. Bisnis transportasi di kawasan ini yang semakin menjamur membuat bisnis pencucian kendaraan yang buka pada malam hari tetap terlihat ramai. Sopir yang sudah capek melayani tamu berwisata cenderung mempercayakan pencucian kendaraan pada pihak pencucian mobil. Di dekat stasiun, dekat araya, cucian 88 dan beberapa pencucian selalu terlihat ramai pelanggan dari rental.

13. Bisnis Kesehatan

Untuk masalah kesehatan, ini pokok utama bila ingin menjalankan bisnis. Bila kita sakit, tak mungkin kita bisa menjalankan bisnis dengan baik. Tak ayal bisnis tentang kesehatan menjadi pendukung yang mengalami peningkatan dari hari ke hari.

Apotik, Berjualan obat, Jamu, Klinik pemijat menjamur dan bisa meraup keuntungan. Apalagi bila basic pendidikan kita dalam bidang kesehatan, misalnya dokter akan lebih bagus bila menjalankan bisnis dengan membuka apotik untuk memberi kemudahan pembelian obat.

14. Bisnis Rias Pengantin & Wisuda

Bisnis ini memang tergolong musiman, akan tetapi peluang bisnis atau usaha rias atau make up pengantin dan wisuda di Malang memiliki peluang keuntungan yang terbilang besar. Masyarakat sekarang lebih memilih mempercayakan tata rias untuk acara pernikahan dan wisuda ke Jasa Salon atau ke orang yang berpengalaman.

Tak perlu harus mempunyai salon untuk bisa membuka usaha rias pengantin maupun wisuda, yang Anda lakukan harus benar - benar bisa menguasai dan sering - seringlah mempromosikan di sosial media dan internet. Fokus sasaran di areal Kampus / Universitas di Batu Malang. Hal ini sangat penting untuk selalu bisa mendapatkan job atau order, tawarkan juga bahwa jasa Anda ini bisa menerima rias atau Make Up Pengantin / Wisuda mendatangi tempat pelanggan Anda.

15. Bisnis Toserba

Bentuk pelayanan akan beraneka ragam kebutuhan pokok, toserba memudahkan masyarakat perkotaan apalagi di Kota Batu dan Malang yang mayoritas pendatang. Ingin mencari kebutuhan pokoknya dengan cara yang mudah, toserba solusinya.

Seperti Indomaret, Alfamart, laris manis diserbu pembeli. Kemudahan berbelanja, tempat yang nyaman, pelayanan yang baik adalah kunci utama Bisnis Toserba.

16. Bisnis Sewa Peralatan Pernikahan

Di kawasan kota besar, banyak orang yang memilih tempat resepsi pernikahannya di rumah dan tidak memilih menyewa di gedung yang dirasa pengeluarannya akan jauh lebih tinggi. Dengan adanya anggapan seperti itu banyak yang memilih menyewa semua kebutuhan pernikahan mulai dari dekor, rias pengantin, fotografer, meja kursi untuk bisa mengadakan pesta pernikahannya di rumah saja.

Banyak yang malah menutup jalan dan mendirikan terop dan mendekornya sesuai dengan keinginan penyewa, hal ini menjadi prospek usaha bila kita cermat dalam melihat peluang ini. Akan banyak barang yang bisa disewakan dari acara pernihakan tersebut dan pastinya akan memudahkan kita mengembangkan bisnis ini bila kita berada di lingkungan dengan atau berada di perkampungan.

KUNCI BERBISNIS
Dari beberapa peluang bisnis di kota batu malang, untuk bisa sukses. Semua tergantung kita benar atau salah dalam menjalankannya. Selamat mencoba.

16 Peluang Bisnis Di Batu Malang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar