Saturday, September 1, 2018

Cara Kerja Konverter Torsi Pada Mesin Mobil Automatic

sewa mobil batu malang

Bagaimana Cara Kerja Konverter Torsi pada mesin mobil matic? Kita tahu bagaimana cara mengoperasikan kendaraan matic, tetapi banyak orang yang belum mengetahui atau bahkan tidak tahu akan bagaimana cara kerja mesin matic ketika kita menginjak rem dan mesin tetap hidup tanpa adanya pedal kopling.

Apa Itu Konverter Torsi

Konverter Torsi atau Torque Converter adalah mekanisme penghubung antara poros mesin dengan poros transmisi yang dihubungkan dengan mekanisme turbin, pompa dan stator yang berada dalam satu tempat yang berisi fluida transmisi.


Jadi Fluida Transmisi digunakan untuk mengkonversi torsi mesin dan mengarahkan torsi ke transmisi mesin dengan bantuan turbin, pompa dan stator.

Mobil Transmisi Automatic


Saat kita mengemudi mobil matic, mengemudi akan menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan penggatian gigi preneling dan Anda juga tidak perlu mengoperasikan pedal kopling.

Dalam mobil transmisi otomatis, kerja pedal kopling secara otomatis dilakukakan oleh komponen tersembunyi yang benar benar merupakan keajaiban teknik "Konverter Torsi".


Konverter torsi bahkan dapat memperbanyak torsi. Bayangkan saja jika Anda sedang mengemudi dan Anda harus menggunakan rem. Saat Anda menekan pedal rem, roda penggerak kendaraan akan berhenti berputar. Ini berarti poros penggerak dan transmisi yang terkait juga harus berhenti berputar. Tetapi inilah masalahnya, Anda tidak menghentikan mesin saat menginjak rem.


Jadi pada saat pengereman. jika mesin dan transmisi secara mekasis terhubung, ini akan menyebabkan kegagalan mekanis yang serius atau mesin akan berhenti. Maka dari itu, mesin mobil Anda memerlukan isolator gerak untuk tujuan ini. Isolator gerak ini adalah "konverter torsi"


Konverter Torsi mampu secara efisien mengisolasi putaran mesin dari transmisi pada saat pengereman. Dalam kondisi mengemudi yang normal, konverter torsi mentransfer rotasi mesin dan daya ke transmisi.

Cara Kerja Konverter Torsi

Inti dari cara kerja konverter torsi adalah menghubungkan antara poros mesin dan poros transmisi melalui Konverter Torsi. Konverter Torsi akan membuat mesin tetap bekerja dalam kondisi normal bila kita menginjak pedal rem karena rem hanya akan menghentikan kerja poros penghubung transmisi ke as roda mobil.


Di dalam Konverter Torsi, ada beberapa mekanisme yang bekerja yaitu turbin, pompa, stator dan fluida. Dari poros mesin akan tersambung melalui rumah konverter torsi dan akan menggerakkan turbin konverter torsi. Dari gerakan turbin tersebut akan menghasilkan tekanan sentrifugal pada fluida dan fluida itu sendiri akan mengalir dengan tekanan tinggi menuju pompa konverter torsi.

Dari tekanan fluida tersebut akan menggerakkan pompa dan poros pompa melewati stator yang akan melipatgandakan torsi melalui poros stator. Semua sistem ini bekerja dalam mekanisme yang disebut Konverter Torsi.

Cara Kerja Konverter Torsi Pada Mesin Mobil Automatic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar