Sunday, June 30, 2019

Mengatasi Kaki Pegal Linu Saat Hamil Muda Atau Tua

sewa mobil batu malang

Bagaimana mengetahui Cara Mengatasi Kaki Pegal Linu Saat Hamil Muda atau Tua ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, memang gejala kaki pegal linu banyak dikeluhkan oleh ibu muda saat menginjak masa kehamilan. Ada yang berasa pegal pada saat hamil tua, ada juga terasa linu pada saat hamil muda.

Hal ini sebenarnya adalah wajar dalam masa hamil baik hamil muda ataupun tua, kondisi ini bisa disebabkan karena perubahan hormon, pertambahan berat badan, persiapan masa persalinan, perkembangan usia bayi dalam kandungan atau stress. Rasa pegal atau linu biasanya tak hanya pada kaki tetapi terkadang juga pada punggung karena masa tubuh atau berat badan kita memang akan lebih berat selama hamil.

Selama waktu hamil, Anda juga diharapkan lebih ekstra berhati - hati dalam melakukan aktivitas seperti bekerja, berolah raga, berjalan kaki, mengangkat beban atau sewaktu mengendarai kendaraan pada jalanan yang bergelombang. Ada cara mengatasi pegal linu pada kaki pada masa hamil, sebagai berikut :

kaki pegal linu saat hamil
image : https://www.healthforu.com/

Mengatasi Kaki Pegal Linu Saat Hamil Muda atau Tua

1. Mandi Air Hangat
Untuk yang terbiasa mandi dengan air dingin, cobalah mandi menggunakan air hangat selama masa hamil. Mandi menggunakan air hangat selain lebih enak dan nyaman, juga dapat memperlancar peredaran darah Anda dan membuat otot juga tubuh Anda lebih rileks.

Jika tidak ada gejala lain selain rasa pegal atau linu pada kaki, niscaya dengan rutin mandi menggunakan air hangat akan mengurangi juga bisa menyembuhkan gejala kaki pegal linu selama Anda hamil

2. Kompres Dengan Air Hangat
Jika masih terasa pegal, kompres kaki Anda menggunakan air hangat kuku. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek rilek dan mengurangi ketegangan otot pada daerah kaki. Gunakan kain lembut seperti handuk, karena dengan menggunakan kain handuk akan banyak menyerap air selama proses pengompresan kaki Anda.

3. Pemijatan
Hati - hati dalam memijat, jangan memijat dengan terlalu keras karena malah akan membuat kaki terasa sakit dan bisa berakibat nyeri. Pijat dan urut mengarah ke arah jantung, jadi dalam teknik pemijatan pastikan arah pemijatan ke arah atas yaitu mengarah ke jantung. Pijat dengan pelan menggunakan minyak untuk menghindari lecet pada kulit kaki, hal ini jika dilakukan beberapa kali niscaya akan mengurangi rasa pegal juga linu pada kaki selama Anda hamil. 

4. Posisi Kaki Saat Tidur
Tak sedikit orang tak memperdulikan posisinya waktu hendak tidur, padahal posisi tidur yang kurang nyaman akan menyebabkan beberapa masalah seperti leher sakit, kaki kram, kepala pusing atau gejala lain seperti saraf terjepit. 

Usahakan sebelum tidur untuk memposisikan badan dalam posisi yang nyaman juga usahakan posisi kaki selalu dalam keadaan lurus atau tidak ditekuk. Posisi tidurpun harus telantang dan jangan sampai tengkurap yang bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan Anda. 

Baca Juga :

Mengatasi Kaki Pegal Linu Saat Hamil Muda Atau Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar