Sunday, June 9, 2019

Kenapa Mesin Diesel Lebih Bertenaga Jika Dibandingkan Mesin Bensin

sewa mobil batu malang

Ingin tahu alasan kenapa mesin diesel lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin bensin? apa yang membuat mesin diesel mempunyai tenaga lebih besar? teknologi apa yang membuat mesin diesel lebih bertenaga?

Mesin Diesel Innova D-4D

mesin diesel
image : kaskus.co.id
Bicara tentang mesin diesel, sekarang memang banyak sekali mobil yang mengadopsi mesin diesel sebagai dapur pacunya. Dahulu mesin diesel hanya digunakan pada kendaraan tertentu seperti bus, truk yang memang memiliki tonase kendaraan yang sangat berat.

Memang untuk kendaraan dengan jumlah tonase yang besar yang paling pokok adalah harus mempunyai mesin yang memiliki torsi yang lebih besar, lalu tipe mesin yang lebih bertenaga atau mempunyai torsi mesin yang lebih besar adalah mesin diesel. Lalu kenapa mesin diesel lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin bensin? berikut ini beberapa alasan mengapa mesin diesel itu lebih bertenaga? yuks simak ulasan berikut :

Kenapa Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

1. Langkah Piston
Memang mesin diesel mempunyai panjang langkah piston yang lebih panjang jika dibandingkan dengan mesin bensin, langkah piston yang lebih panjang ini yang membuat torsi mesin diesel lebih besar jika dibandingkan dengan langkah piston yang lebih pendek.

Kenapa bisa begitu? ilustrasinya seperti berikut. Jika kita memutar tuas pada roda dan tuas pemutar tersebut berada pada dekat as roda pastinya akan lebih berat jika dibandingkan dengan tuas pemutar roda berada lebih jauh dari as roda. Dan sebaliknya dan jika kita memutar as roda yang tuas pemutarnya berada lebih jauh dari as roda pastinya akan lebih ringan jika dibandingkan dengan tuas as roda yang berada lebih dekat dengan as roda. Dan jika kita lebih ringan dalam memutar roda, pastinya tenaga yang dihasilkan pastinya juga akan lebih besar juga.

Kita akan sering mendengar istilah pada roda 2 ialah istilah "stroke". Istilah "di strok" ialah menggeser pengayuh pada poros mesin dengan menggesernya lebih jauh dari lokasi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk bisa meningkatkan torsi mesin itu sendiri.

2. Kompresi Mesin
Untuk yang kedua adalah kompresi mesin, kompresi mesin diesel memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin. Untuk dapat membakar bahan bakar solar memang mesin diesel harus mempunyai kompresi yang lebih tinggi karena solar mempunyai oktan lebih rendah jika dibandingkan dengan bensin.

Memang kompresi mesin diesel lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin, hal ini karena bahan bakar solar yang mempunyai oktan rendah harus bisa terbakar dalam ruang bakar mesin diesel. Jika suhu pada ruang bakar rendah, solar akan tidak mudah terbakar ketika disemprotkan pada ruang bakar dengan kompresi rendah. Akan tetapi jika kondisi ruang bakar tersebut memiliki kompresi yang tinggi, solar akan mudah terbakar.

Mengapa bisa begitu? jika kompresi pada ruang bakar tinggi, suhu udara yang berada di ruang bakar tersebut akan meningkat juga. Hal ini yang menyebabkan bahan bakar jenis solar hanya bisa digunakan pada mesin dengan kompresi tinggi yaitu mesin diesel.

Lalu kenapa mesin diesel lebih bertenaga?

Dengan tingginya kompresi mesin pada mesin diesel, jika pada proses pembakaran terjadi. Secara otomatis tekanan pada ruang juga akan lebih besar jika dibandingkan dengan kompresi ruang bakar yang lebih rendah. Hal inilah yang membuat mesin diesel lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Baca Juga :

Kenapa Mesin Diesel Lebih Bertenaga Jika Dibandingkan Mesin Bensin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar