Monday, June 10, 2019

Fungsi Intercooler Pada Mesin Mobil Turbo

sewa mobil batu malang

Mengenal fungsi intercooler pada mesin mobil. Dahulu kita memang tak mengenal istilah dari "Intercooler", akan tetapi seiring meningkatnya perkembangan teknologi mesin kendaraan kita dikenalkan dengan istilah Intercooler. Intercooler sendiri yang berarti "pendinginan dalam" mengacu pada pendinginan pada teknologi mesin kendaraan khususnya mobil.


Lalu apakah fungsi intercooler pada mesin mesin mobil adalah untuk mendinginkan mesin? sementara pada mesin mobil metode pendinginan mesin sudah diatur pada perangkat yaitu radiator. Lalu apakah fungsi intercooler pada mesin mobil berguna untuk membantu pendinginan mesin? tak semuanya salah dan tidak semua benar, sebenarnya ada fungsi utama disematkannya teknologi intercooler ini pada mesin turbo untuk dapat meningkatkan perfoma dari mesin turbo itu sendiri.

Fungsi Intercooler Pada Mesin Turbo

intercooler
image : https://www.27won.com/
Perangkat diatas adalah komponen pokok dari yang namanya teknologi yang bernama intercooler. Disini terlihat 2 saluran yaitu cold (dingin) dan hot (panas) yang untuk saluran hot adalah saluran masuk dan cold untuk keluar. 

Fungsi dari intercooler adalah mendinginkan udara sebelum masuk pada ruang bakar mesin, jadi udara yang sebelumnya panas akibat tekanan pada komponen turbo didinginkan pada komponen intercooler. Karena jika suhu udara lebih dingin secara otomatis partikel udara tersebut akan lebih padat, jika partikel udara yang masuk pada ruang bakar lebih padat pastinya kompresi mesin akan lebih tinggi dan pembakaran pada ruang bakar mesin akan lebih baik.

fungsi kerja intercooler
Gambar diatas adalah sistem kerja mesin mobil turbo yang menggunakan perangkat intercooler. 

Memang mesin yang menggunakan teknologi turbo memungkinkan jumlah pasokan udara pada mesin akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan teknologi turbo. Akan tetapi pengaruh dari fungsi turbo ini yaitu menekan udara masuk ke dalam ruang bakar mesin mempengaruhi suhu udara tersebut jadi lebih tinggi, dengan disematkannya teknologi intercooler tersebut. Menjadikan udara yang disedot dari turbo didinginkan dahulu pada komponen intercooler sebelum akhirnya masuk kedalam ruang bakar. 

Selain dari fungsi tersebut juga udara yang masuk dengan suhu yang lebih rendah juga bisa sedikit mendinginkan suhu mesin mobil itu sendiri. 

Jadi semakin rendah suhu udara pastinya akan semakin banyak juga jumlah volume udara tersebut, jadi fungsi utama dari dipasangnya teknologi intercooler pada mesin mobil turbo adalah untuk semakin memperbanyak jumlah pasokan udara yang bisa dimasukkan kedalam ruang bakar mesin mobil tersebut. 

Fungsi Intercooler Pada Mesin Mobil Turbo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ggx blog
Post a Comment
Terima kasih sudah berkomentar